Saturday 28 April 2018

Apa itu Kopi Luwak ? | Sejarah dan daerah penghasil

Apa itu Kopi Luwak ? | Sejarah dan daerah penghasil

KOPI LUWAK
Sejatinya Kopi Luwak adalah 2 Benda yang sangat berbeda wujudnya, Kopi dan Luwak. Kopi ( Kt. Benda) adalah buah yang dihasilkan oleh tanaman Kopi dan Kopi (Olahan) adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.[2] Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Luwak adalah Binatang Musang / luwak adalah hewan menyusu (mamalia) yang termasuk suku musang dan garangan (Viverridae). Nama ilmiahnya adalah Paradoxurus hermaphroditus dan di Malaysia dikenal sebagai musang pulutHewan ini juga dipanggil dengan berbagai sebutan lain seperti musang (nama umum, Betawi), careuh bulan (Sunda), luak atau luwak (Jawa), serta common palm civetcommon musanghouse musang atau toddy cat dalam bahasa Inggris.

LUWAK KOPI ATAU KOPI LUWAK

kopi luwak dan luwak kopi
Produk luwak kopi
 kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak
Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. 





Apakah kalian tahu daerah mana saja penghasil Kopi  luwak Berkwalitas ?
Berdasarkan data dari berbagai sumber daerah penghasil kopi luwak adalah :

( sumber : wikipedia )

Saya sangat suka dengan kopi luwak walaupun saya selama ini tidak perduli dengan kandungan yang ada pada Kopi luwak terutama kopi luwak putih atau white luwak coffee, nah.. rasa ingin tahu  ini sekarang jadi peluang saya untuk mencari informasi atau referensi untuk mengisi Blog ini.

Pertanyaan saya dimulai dari :
1. Apakah sebenarnya Kopi Luwak ini lebih sehat dan aman dari pada kopi biasa ?
Menurut sebuah tes laboratorium di Kanada( Riset Prof Massimo Marcone dari Universitas Guelph, Kanada) kopi luwak dari Indonesia mengandung protein yang lebih sedikit dari jenis kopi lainnya. Ini karena protein dalam kopi sudah dicerna dan diserap luwak. Karena proteinnya berkurang, rasa pahit khas kopi pun ikut berkurang.Terbukti aroma dan citarasa kopi luwak sangat khas.
Proses pencernaan luwak membuat kandungan kafein dan keasamannya berkurang. Akan tetapi, bukan berarti semua kopi luwak rendah kafein dan aman bagi lambung. Pasalnya, setiap biji kopi yang dikonsumsi luwak memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda. Jika dibandingkan dengan jenis kopi lain seperti kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Etiopia, atau kopi Kenya, perbedaan kandungannya tak begitu jauh.
Maka, Anda sebaiknya tetap mengonsumsi kopi luwak dengan bijak. Hindari minum kopi luwak lebih dari 3 cangkir per hari. Efek samping minum kopi luwak antara lain gelisah, cemas, insomnia, mual, diare, sakit kepala, dan jantung berdebar.
2. Berapa ya..harga kopi Luwak ASLI ?
Saya yakin pasti kopi luwak yang saya minum setiap hari bukan kopi luwak asli, mengapa, karena harganya Murah dan sudah pasaran hampir di toko minuman ada.
Lantas berapa harga kopi luwak asli yang wajar di pasaran? "Kisaran harganya memang lebih tinggi daripada kopi biasa. Untuk ukuran cangkir (sudah jadi minuman kopi), kisaran harganya dimulai Rp 100.000 sampai Rp 300.000. Untuk harga bubuk atau biji pe rkilogram, kopi luwak dihargai Rp 1 juta ke atas," kata Aris.  Kurang dari harga tersebut, kopi yang diklaim kopi luwak menurut Aris patut diperhatikan apakah itu kopi luwak asli atau memang sudah dicampur. ( sumber: Travel.kompas.com)
Contoh Produk Kopi Luwak
kopi Luwak asli. luwak kopi luwak kopi

Harga 1 paket kopi luwak High class coffee Rp.125,000 = 200gram

Nah sekarang jadi tahu..ternyata mahal sekali harga luwak kopi asli

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List