Friday 6 April 2018

TIPS memilih Motherboard yang arsitekturnya baik dan efisien | Info Komputer 2018

BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?
Bagaimana memilih Motherboard Yang Baik ?
Motherboard yang baik adalah Motherboard yang arsitekturnya baik dan efisien. Artinya memilih  Motherboard tidak boleh sembarangan harus ada pemetaan kebutuhan agar sesuai dengan komponen atau devices lainya, mengapa karena pada Motherboard akan terpasang  perangkat (devices) seperti :
Prosesor, memori (RAM), hard disk, VGA card sampai mouse dan keyboard saling berhubungan pada sebuah Motherboard, karena Pilihlah Motherboard yang arsitekturnya baik dan efisien.

Motherboard mempunyai 3 kelas, yaitu :
  •          Motherboard value,
  •          Mainstream,
  •          dan High end.

  1. Matherboard Value berarti motherboard ini mempunyai spesifikasi  dengan harga    yang terjangkau, cocok digunakan untuk keperluan standar, seperti administrasi/office.
  2. Motherboard Mainstream ialah  kelas motherboard menengah, digunakan untuk home entertainment 
  3. Motherboard high end untuk gaming/server.
Berikut ini adalah tips dalam memilih Motherboard yang baik :
1. Menyesuaikan ukuran Motherboard dengan chassis casing dan power supply komputer anda.
BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?

*.    Beberapa tipe Motherboard tidak sesuai tempat peletakannya pada komputer. Motherboard yang memiliki banyak fitur tambahan umumnya berukuran lebih besar, sehingga membutuhkan ruang yang lebih banyak didalam casing PC anda.

BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?

*.  Yang penting untuk diperhatikan adalah pin power pada Motherboard, apakah memiliki 20 pin atau 24 pin. Umumnya power supply jenis lama hanya dilengkapi dengan 20 pin saja, sehingga anda harus mengganti power supply anda dengan 24 pin bila anda membeli Motherboard ini.
2. Pilihlah Motherboard dengan fitur-fitur yang anda butuhkan saja.

BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?
VGA Onboard
*.  Banyak motherboard yang dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan (onboard), seperti slot PCI-Express ganda, 6 slot memori, 8 channel audio. Motherboard jenis ini harganya mahal dan banyak fitur yang sebenarnya tidak dipakai. Juga boros pada asupan listrik. Umumnya sebuah motherboard sudah dilengkapi dengan fitur seperti VGA, LAN, yang sudah terintegrasi. 
*.  Perhatikan juga bila anda ingin membeli kartu grafis (VGA Card) tambahan, usahakan tetap memilih Motherboard yang sudah terintegrasi  VGA nya (onboard), maksudnya yaitu apabila suatu saat VGA Card anda rusak, anda tetap bisa menggunakan komputer, tanpa harus memasang VGA Card.

BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?


*.  Maksud kompatibilitas tinggi ialah, Motherboard tersebut cocok dengan semua jenis hardware dan software terkini. Sehingga mempermudah anda untuk memilih apa-apa saja yang akan dipasang di dalam Motherboard, seperti chipset AM2/AM3, ataupun operating system Windows 7.
*.  Penting untuk dipastikan bahwa CD Driver yang disertakan telah up to date. mempunyai motherboard dengan kompatibilitas tinggi juga akan mempermudah anda untuk melakukan upgrade dimasa mendatang.

4. Pastikan memilih chipset dan komponen Motherboard yang baik dan awet umurnya.
   
BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?
Solit Kapasitor

*.  Chipset merupakan jantung dari Motherboard. Umumnya Chipset yang ditawarkan adalah merk seperti Intel, SIS, Via, Nvidia. Dianjurkan anda memilih chipset yang terbaru, misalnya  mendukung prosesor jenis baru, memory DDR2/DDR3, Hard Disk SATA, dsb.
*. Memilih motherboard yang memiliki solid kapasitor, artinya komponen kapasitornya didesain padat, dan tidak mudah bocor. Karena pemasangan yang selalu dekat dengan prosesor , dan menerima lebih banyak panas, maka umurnya lebih panjang dibandingkan kapasitor biasa.
5. Pilihlah Motherboard yang arsitekturnya baik dan efisien.


BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?
Heatsink menyentuh RAM


*.  Pabrikan yang terkenal umumnya memiliki arsitektur/layout Motherboard yang baik. Sehingga pemasangan komponen lainnya seperti memori, prosesor dan VGA Card tidak saling menghalangi satu sama lain.

*.  Motherboard yang arsitekturnya baik akan memudahkan pemasangan, sistem perkabelan dan mendukung semua ukuran periferal, serta memiliki sistem aliran udara yang baik (airflow) bila ditambahkan dengan beberapa kipas casing.


*.  Untuk mendapatkan Motherboard yang baik anda dapat bertanya kepada teman atau bertanya langsung ke toko. Bisa juga anda lihat review di internet.
*.  Usahakan membeli motherboard pabrikan Taiwan, karena motherboard dari pabrikan Taiwan bahan bakunya lebih berkualitas dan berteknologi tinggi.
*.  Beberapa merek Motherboard Pabrikan Taiwan : ASUS, Gigabyte, MSI, ASRock,
7. Pastikan Kelengkapan dan garansi Motherboard dalam kemasan saat membeli.


BAGAIMANA memilih Motherboard yang baik ?

*.  Umumnya didalam kemasan akan disertakan dua kabel Floppy/ATA/SATA, Back Panel (penutup belakang motherboard setelah dipasang pada casing), Buku manual, buku garansi, serta CD Driver.
*.  Pastikan juga anda menerima Motherboard dengan kondisi komponen yang baik. Periksa apakah ada goresan, atau komponen yang pecah, karat,  kotoran, ataupun pin prosesor yang membengkok/patah pada saat membeli. 
*.  Pilihlah Motherboard yang garansinya panjang dan terpercaya. Umumnya 1 s.d 5 tahun. Dan pastikan service centernya ada dikota anda, sehingga bila suatu saat Motherboard anda rusak, anda dapat cepat membawanya ketempat service untuk diklaim garansinya, dan cepat juga selesai servisnya.


Semoga 7 tips memilih Motherboard yang ini bermanfaat.

Baca :




Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List