Sunday 11 February 2018

Cara aman Membeli Komputer Atau Laptop Di Toko Komputer Online

Cara aman Membeli Komputer Atau Laptop Di Toko Komputer OnlineMembeli Komputer Atau Laptop Di Toko Komputer 
Online
( Tips Aman )










  1.       Apakah anda seorang Ahli dalam merakit komputer ?
  2.      Apakah anda adalah seorang pengguna komputer dan memiliki ilmu tentang komputer?
  3.      Apakah anda seorang pengguna komputer tapi tidak paham tentang ilmu komputer?
  4.      Apakah anda seorang yang belum pernah menggunakan komputer ?

Dimana posisi anda sangatlah penting dalam menentukan keinginan untuk membeli komputer/laptop baik offline atau online Juga menjadikan acuan terhadab aman atau tidaknya anda belanja Komputer secara online. 

Untuk anda diposisi 1 dan 2 tidaklah terlalu risau dalam memilih komputer secara online karena anda memiliki segalanya dalam ilmu komputer, anda tinggal mengukur dana saja dan 1,2,3……komputer sudah didapat dan sesuai spesifikasi anda dengan rasa aman.

Namun bagi anda yang berada di posisi 3 dan 4 tentu akan berbeda. Anda diposisi 4 anda sudah akrab dengan komputer walaupun anda tidak paham dengan ilmu komputer, dan sekedar install program anda masih tergantung orang lain. Tapi untuk memilih dan membeli komputer secara online anda sudah sedikit mampu membedakan mana komputer yang baik atau cepat kinerjanya atau komputer lemot. Dalam hal membeli komputer/laptop secara online anda masih harus minta reverensi atau banyak membaca review di media internet.

Bagi anda diposisi 4 mutlak dan penting untuk minta pertolongan orang yang mengerti dan paham dengan komputer pada saat membeli komputer apalagi via Online.
Karena seperti pepatah “ membeli kucing dalam karung “ anda belum memiliki kelayakan untuk membeli komputer sendiri.
Sekedar berbagi  silahkan disimak Tips dibawah ini Cara aman membeli komputer atau laptop secara Online.


 

1. Pilihlah toko yang direkomendasikan.
Sangatlah penting untuk memilih toko online yang benar-benar nyata keberadaanya dan legal secara hukum, karena pada era digital ini sangat mudah orang membuat toko online palsu bermodal blog,web atau media sosial. Kenyamanan dan keamanan berbelanja online adalah mutlak karena kalau kita salah menentukan pilihan toko online duit kita amblas melayang dan tidak ada yang bertanggung jawab kecuali penyesalan.
Toko/ marketplace resmi kebanyakan meminta registrasi kepada para pelanggan untuk keamanan. Sehingga dapat mencegah dari tindakan yang merugikan pelanggan,seperti barang tidak dikirim,barang tidak sesuai pesanan atau barang yang dikirim rusak. Bila terjadi hal demikian maka anda bisa komplain ke toko/marketplace bersangkutan untuk keamanan uang anda.


2. Lihat nomor kontak dan alamat situs.
Hal ini penting untuk dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi hal buruk pada transaksi pembelian online anda.


·          Contoh menu kontak


3. Garansi.
Seluruh 
barang elektronik dalam pembelian selalu memberikan garansi kerusakan baik kerusakan pabrik ataupun kerusakan pada fungsi alat. Sangat penting untuk memastikan garansi yang ditawarkan sebelum Anda menentukan pilihan










Perhatikan gambar diatas tertulis info tentang Garansi. Penting untuk dilakukan adalah selalu membaca profil produk yang akan kita beli apakah menyertakan garansi atau tidak.

4. Perbandingan harga.
Kelebihan yang bisa didapatkan saat membeli melalui online ialah bisa mengecek tipe  dan harga sesukanya. Apa fokusnya ? adalah bukan kepada murah harga saja tapi lebih komplek, perbandingan tipe, desain juga harga.
Untuk mempermudah dalam melakukan perbandingan harga ini anda bisa gunakan tool ini Telunjuk.com anda juga bisa membeli langsung dari portal web ini.


5. Pembayaran.

Saat ini terdapat berbagai cara untuk melakukan pembayaran pada transaksi online :
1.    Pembayaran dengan tabungan bersama pada marketplace
2.    Pembayaran transfer tunai baik melui bank, internet banking, ATM, mini market
3.    Pembayaran tunai sistem COD ( bayar ditempat )
4.    Pembayaran cicilan ? kredit
Hal penting untuk dilakukan adalah hindari transaksi person to person kecuali antara penjual dan anda sudah kenal baik.
Transaksi melalui media sosial person to person adalah tidak aman, hati-hati dalam hal ini.


Silahkan anda tentukan mana yang aman buat anda.

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List