Monday 12 February 2018

Memilih komputer khusus untuk pekerjaan desain grafis terbaik

Memilih komputer khusus untuk pekerjaan desain grafis adalah suatu keharusan. Bila anda menjalankan aplikasi desain seperti coreldraw hanya untuk buka satu dua halaman dan bermain di desain dasar tidak jadi masalah menggunakan komputer dengan spesifikasi ala kadarnya (standar banget).


Namun jika anda adalah seorang pekerja pada bidang desain graffis maka  Performa PC
 yang mumpuni harus anda miliki agar tidak terjadi ‘kesal hati’ karena lemot-nya aplikasi saat bertemu beban grafis yang cukup memakan kapasitas memory.

Lalu Hal penting apakah yang perlu diperhatikan dalam memilih komputer untuk Desain Graffis ?

Disini kita akan membedakan antara komputer grafis yang benar-benar standar dan komputer grafis yang sangat terekomendasi (most recomended). Jika anda memiliki kemampuan /ilmu maka tidak masalah merakit sendiri, Namun jika memang tidak memungkinkan merakit sendiri maka membeli komputer siap pakai adalah langkah bijak.Apa saja hardware yang perlu diperhatikan saat membangun komputer grafis ? beberapa diantaranya adalah :
1. Motherboard
Motherboard adalah inti dari sebuah komputer karena di papan pcb inilah segala komponen pendukung akselerasi komputer di tempatkan. Di motherboard disediakan sokot-soket tempat Memory (RAM)VGAProsesor di pasang. Disarankan untuk menggunakan motherboard edisi khusus (limited edtion) karena daya tahannya melebihi  motherboard mahal yang diproduksi massal.








2. Prosesor
Ada 2 kubu dalam dunia grafis, yaitu kubu pengguna Intel dan AMD, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan baiknya Permorfa PC sebenarnya di dukung juga oleh VGA,Memori, Power supply dll. disini sangat penting untuk menjaga keseimbangan karena jika ada ketidak seimbangan dapat merusak Performa itu sendiri. Mungkin anda juga telah merasakanya.
3. RAM (Random Acces Memory)
RAM ialah tempat penyimpanan data sementara pada saat kita menjalankan komputer. Kita biasa mengenal RAM berdasarkan besaran kapasitasnya yaitu 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB. Tapi janganlah hanya melihat besarnya daya simpanya saja, tetapi penting diperhatikan adalah soket yang tersedia di motherboard harus sesuai. Karena jika tidak sesuai maka Memori tidak bisa masuk ke Motherboard
Windows yang digunakan juga berpengaruh, seperti jika kita menggunakan Windows 32 bit, maka kapasitas memory yang dipakai hanya 3 GB. Bila di PC terpasang RAM 4 GB maka 1 GB akan mubazir karena tidak terpakai.
4. VGA (Video Graphics Array)
Banyak yang menyalah artikan kapasitas grafis VGA sama dengan RAM, pada kapasitas penyimpanan (GB).  Banyak orang mencari VGA yang Giga-nya tinggi. Padahal kwalitas grafis sebuah VGA tergantung pada bit VGA. semisal VGA 256 - MB256 bit jauh lebih baik performanya dibanding VGA 1 GB - 128 bit.  Akan tetapi VGA dengan bit tinggi jauh lebih mahal dariVGA ‘biasa’.
Baca : Perbedaan Bit dan Byte


 5. Power Suplay (PSU)
Selain sebagai penghantar dan pembagi arus, PS yang berkwalitas juga memberikan kestabilan pada kinerja PC. Pada PS ‘standar’ nilai WATT yang ada kadang tidak murni (tertulis 450 W tapi sebenarnya hanya 250 W), dan seperti kita tahu, PSU membagi seluruh arus DC ke elemen-elemen yang membutuhkan daya sepertiHardisk, VGA, Prosesor, DVD RW, dll. Dengan menggunakan PSU yang biasa, kapasitas daya yang dimiliki dibagi secara proporsional, hingga performa PC yang di harapkan tidak maksimal.
6. HDD (hardisk)
Hardisk ialah media penyimpan berupa cakram padat (logam). Kapasitas HDD yang beredar di pasaran sangat bervariasi. Tapi yang ada saat ini maksimal 2 Thera Bit(2 TB), semakin besar kapasitas penyimpananya akan semakin bagus karena mendukung aktifitas desain yang filenya tergolong besar-besar. Namun penting untuk memperhatikan  chace dan Rpm (kecepatan putar) hardisk, di rekomendasi di atas 7200 Rpm. 
7. Cooling Fan
Jangan menganggap terhadap penggunaan Cooling fan ini, karena  Saat mengerjakan desain grafis tentu suhu komputer menjadi lebih tinggi,Gunakanlah kipas pendingin yang baik agar komputer anda tidak berhenti mendadak (nge-hang). Penggunaan jenis dan jumlah pendingin yang tepat akan membuat komputer tetap dingin dan stabil. Bahkan banyak rekan-rekan yang menggunakan pendingin air (water cooler)untuk menghindari over hot pada PC
8. Monitor
Untuk pekerjaan desain grafis tidak direkomendasikan untuk  menggunakan monitor LCD bila tidak didukung VGA yang bagus, karena tampilan gambar desain pada monitor LCD tidak mencerminkan warna asli (tingkat kesamaan di bawah 70%) sangat berbahaya bila kita bermain di warna-warna redup/muda. 
9. Cassing
Penting untuk diperhatikan adalah ukuran cassing agar sesuai dengan  ukuran motherboardPower Suplaydan VGA, karena kadang beberapa cassing standar ukurannya terlalu kecil untuk dipasangi motherboard limited. Selain itu, pilihlah cassing yang memiliki ruang sirkulasi udara yang baik, dan mempunyai titik-titik kipas pendingin yang cukup bervariasi (lebih dari 3 titik cooling fan). 
10. Mouse
Mouse walaupun hanya sebagai pheripheral, tapi mouse adalah nyawa dari setiap pekerja desain grafis. Pemilihan mouse yang sesuai akan meningkatkan kwalitas desain. Janganlah memakai mouse dengan tingkat DPi (Dot per Inch) rendah dibawah 800 Dpi. Gunakan mouse game yang mempunyai kerapatan Dpi cukup tinggi 3000 hingga 6000 Dpi. Penggunaan mouse game sangat membantu saat melakukan pemotongan foto, dll.
Begitulah gambaran besar yang harus diperhatikan. Jadi, dari paparan diatas untuk spesifikasi standar komputer grafis adalah sebagai berikut (versi mister ya.)
Komputer Grafis Standar
Periferal atau perangkat tambahan atau perangkat saja (Inggris: peripheral device) adalah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya. Beberapa perangkat yang umum digunakan adalah pencetak, pemindai, mikropon dan pengeras suara.

  1.      Motherboard dengan socket prosesor 1156 atau 1366
  2.      Prosesor minimal Core i3. 2.7 sd 3.0 GHz
  3.      Ram minimal 2 GB
  4.      VGA minimal 1 GB 128 Bit
  5.      PSU 450 Watt
  6.      HDD 320 GB
  7.      Monitor 18″ widescreen
  8.      Cassing Max Power
  9.      Mouse Minimal Logitec DZL-M-U0026(B) Ori atau mouse game
    
     Anggaran sekitar 4 sd 5 juta

Komputer Grafis Premium

  1.      Motherboard dengan socket prosesor 1156 atau 1366
  2.      Prosesor minimal Core i5. 2.7 sd 3.0 GHz
  3.      Ram minimal 4 GB
  4.      VGA minimal 1 GB 128 Bit
  5.      PSU 450 Watt
  6.      HDD 500 GB
  7.      Monitor 18″ widescreen
  8.      Cassing Simbaddsa SimCool Edition
  9.      Mouse E-Blue Cobra, Razer atau X-7

Anggaran sekitar 7 sd 8 juta

Sedikit pendapat  dari saya, bila anda  serius mendalami dunia desain grafis maka spesifikasi Komputer Grafis Premium sudah cukup bagus, tinggal bagaimana anda menggunakan komputer itu untuk mencari uang. Memahami teknis menggunakan aplikasi desain dengan benar dan terukur dapat memperpanjang daya tahan PC anda, walaupun PC anda bukan PC grafis. Saya sendiri memakai Intel core (R), Ram 2 GB, VGA 512 128 bit, PSU 450 W standar, HDD 160 GB dan monitor LED 18″ (kotak). Yang istimewa cuma mousenyaHavit HV- MS630. hehehe.. dan laptop jadul Toshiba PORTEGE Core 2 Duo 2.0 GHz, win 7 64 bit tanpa batre (batrenya dah jebol).. 



Sumber : ala Master

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List