Sunday 11 February 2018

5 Hal Penting untuk kita ketahui dalam membeli komputer yang baik dan tepat.

5 Hal Penting untuk kita ketahui dalam membeli komputer yang baik dan tepat.


Cara membeli komputer yang bagus dan baik
Ada 5 hal penting yang perlu diperhatikan dan dijadikan acuan bagaimana Cara membeli Komputer yang bagus dan baik, agar anda tidak menyesal,apakah itu dalam membeli komputer rakitan, atau membeli komputer Baru juga membeli komputer bekas.
1.  Kekuatan Dana Anda
Anda harus menetapkan berapa kekuatan dana yang akan digunakan untuk membeli komputer keinginan anda, mengapa, karena dengan penetapan ini anda akan mudah menentukan jenis dan spek komputer yang akan dibeli. Tapi biasanya saat sudah di toko komputer kita masih kalah dengan ketetapan dana ini,karena terlalu banyaknya model dan jenis komputer. Jadi jangan sampai kalah, dan fokus ke dana yang ada.

2. Menentukan Spesifikasi Komputer
Tentukan spesifikasi komputer yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan pekerjaan atau kegiatan yang berkaitan dengan komputer dan dana yang dimiliki. Anda bisa meminta referensi temen , cek ke toko komputer langsung atau googling di internet
( Cek disini untuklangsung ke Marketplace )
Yang penting untuk diperhatikan ialah: Prosesor, RAM (Random Access Memory), hard drive, dan video card.

  •         Prosesor: Semakin tinggi frekuensi prosesor, maka semakin baik kemampuannya. Semakin banyak core (otaknya), maka semakin baik kemampuannya. Contoh: Intel Core i5 lebih baik daripad Intel Core i3.
  •          RAM: Semakin besar kapasitas memorinya, maka semakin baik kemampuannya. Makin tinggi tingkat DDR (DDR1, DDR2, DDR3), makin baik.
  •          Hard drive: Semakin besar kapasitasnya, maka semakin baik, semakin banyak data yang dapat Anda simpan nantinya.
  •          Video Card, aturannya: Makin tinggi memori, makin baik. Makin tinggi tingkat DDR (DDR1, DDR2, DDR3), makin baik. Tanyakan versi pixel shader yang dimiliki video card tersebut. Makin tinggi versinya, makin baik.

3.Tanyakan Perangkat Lainnya yang termasuk paket penjualannya.
·         Monitor, mouse, keyboard, port/ konektivitas/ colokan (usb, bluetooth, memory card, vga, LAN, audio, dll). Tentukan mana yang benar-benar Anda perlukan.

4. Menanyakan Software.
Hal ini penting dilakukan karena Perkembangan komputer sangat cepat, dengan bertanya anda akan mengetahui seberapa update softwarekomputer yang akan anda beli, karena jika ternyata anda membeli komputer / laptop dengan software lama bisa jadi banyak program terbaru tidak bisa dijalankan.
Dan yang penting juga adalah anda dapat menanyakan software apakah yang dipakai pada komputer/laptp yang akan anda beli. Silahkan anda baca disini pembahasantentang software
Untuk Cek Update dan update software anda bisa menggunakan tool ini Drivermax

5. Review dan Garansi
Hal penting yang harus dilakukan juga adalah Review atau kesaksian para pengguna komputer/laptop. Anda bisa melakukanya dengan pencarian di internet, atau menanyakan hal ini kepada teman, tujuanya adalah agar anda mendapatkan kepastian tentang mutu  produk/merek komputer yang ingin anda beli. Atau malah sebaliknya anda akan mendapatkan referensi komputer/laptop jenis atau merek apa yang baik dan cocok untuk pekerjaan / kegiatan yang anda lakukan, Seperti jika anda seorang guru tentu penting untk mencari komputer/laptop yang cocok untuk pekerjaan anda.

Garansi atau jaminan kerusakan

Garansi ini biasanya ada 2 macam.:

1.             Garansi toko atau service toko, yaitu apabila terjadi kerusakan sesuai ketentuan toko            maka akan ada perbaikan/penggantian yang ditanggung oleh pihak toko itu sendiri.              Biasanya ini terjadi pada Pembelian komputer Rakitan

2.            Garansi pabrikan. Anda bisa menanyakan hal ini kepada pihak penjual/toko tentang              bagaimana dan syarat apa sehingga garansi pabrikan ini bisa anda dapatkan. Perlu dan      penting tentunya anda membaca buku panduan ketentuan garansi ini agar bisa                    mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan apabila ingin mendapatkan garansi          dari pabrikan.

Note: Tips-tips berikut ini adalah tips-tips umum. Tidak membahas hal-hal yang sangat teknis seperti merek-merek tertentu dan spesifikasinya
Baca disini :
Merek – merek Komputer dan laptop
http://www.savingadvice.com

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List